Palangka Raya (satpolpp.kalteng.go.id) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengerahkan sebanyak 2000 personel gabungan untuk mengamankan jalannya Tabligh Akbar bersama Guru Mulia Al Habib Umar Bin Hafidz yang diselenggarakan di Stadion Tuah Pahoe Kota Palangka Raya, Rabu (23 /08/2023).

Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalteng yang termasuk dalam unsur pengamanan tersebut turut serta mengerahkan 180 personelnya untuk bersama-sama melaksanakan pengamanan gabungan. Mengingat lokasi pelaksanaan dipadati oleh puluhan ribu Jemaah yang tidak hanya berasal dari Kalimantan Tengah saja, tetapi juga ada yang berasal dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, serta juga ada yang rela terbang jauh dari Pulau Jawa untuk menghadiri acara tersebut.

Kabid Trantibum Satpol PP Provinsi Kalteng Eric Dovico L. Lampe saat berada di lokasi Tabligh Akbar, mengatakan bahwa seluruh personel Satpol PP yang terlibat dalam pengamanan, seluruhnya telah siap bertugas untuk mengamankan jalannya Tablgih Akbar dari awal hingga akhir kegiatan.

“Kami telah menyiapkan dengan matang mulai dari Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan sampai dengan kebutuhan jumlah personel serta konsumsinya bersama dengan Polda Kalteng dan pihak lainnya, agar saat pelaksanaan pengamanan seluruh personel dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya,” kata Eric.

Perlu diketahui juga, untuk kesuksesan penyelenggaraan Tabligh Akbar ini, dalam 2000 personel yang diterjunkan, selain Satpol PP Provinsi Kalteng yang terlibat untuk melakukan pengamanan, Pemprov Kalteng juga melibatkan Polda Kalteng, Polresta Palangka Raya, TNI, Dinas Perhubungan, Organisasi Masyarakat serta Relawan.

Nantinya seluruh personel tersebut akan ditempatkan di setiap penggalan jalan yang telah ditentukan serta untuk berjaga di lokasi acara yang dipusatkan di Stadion Tuah Pahoe dan Gedung Olahraga (GOR) Serba Guna yang tidak berjauhan dengan stadion tersebut.

Hal tersebut dilakukan, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan oknum-oknum untuk melancarkan tindak kejahatan, salah satunya seperti pencurian sepeda motor bahkan tindak kejahatan lainnya yang kapan saja bisa terjadi dalam kondisi seperti itu, serta juga mengantisipasi apabila terjadinya keributan yang melibatkan orang banyak.

Kasat Pol PP Provinsi Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si saat dijumpai oleh Tim Media Pol PP menjelaskan bahwa sebelum seluruh anggota Satpol PP turun ke lokasi Tabligh Akbar, dirinya terlebih dahulu memberikan instruksi dan himbauan agar nantinya pelaksanaan pengamana dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota saya, untuk melaksanakan tugas sesuai dengan SOP yang ada, dan saat berhadapan dengan masyarakat agar dapat bertindak secara humanis dan persuasif, serta jangan lupa juga untuk menjaga kondisi diri sendiri,” ungkap Baru.

Semoga dengan adanya pengamanan yang dilakukan oleh petugas keamanan gabungan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang hadir sebagai Jemaah Tabligh Akbar Guru Mulia Al Habib Umar bin Hafidz.

Dokumentasi Kegiatan:

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version