Desa Tampelas, (satpolpp.kalteng.go.id) – Dalam rangka program Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah “Kalteng Berbagi Berkah” dan pengendalian inflasi daerah, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Yuas Elko dan Kasat Pol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai membuka Pasar Murah tepatnya di Kabupaten Gunung Mas, Kecamatan Sepang yang terpusat di Desa Tampelas, dan pasar murah tersebut melayani 2 (dua) desa yaitu Desa Pematang Limau, pada Minggu (08/04/2024).

Yuas Elko mengatakan Pemprov Kalteng menyelenggarakan Pasar Murah ini sebagai tindak lanjut instruksi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam rangka penanganan inflasi di Kalteng sejak awal Tahun 2024. Hal itu dikarenakan Kalteng pernah mengalami inflasi tertinggi nomor 2 (dua) se-Indonesia diawal Tahun 2023 dan turun pada akhir Tahun 2023.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Yuas Elko Memberi Sambutan Pada Pasar Murah Di Desa Tampelas

“Kita berharap dengan adanya Pasar Murah ini, bisa membantu masyarakat khususnya menengah ke bawah,” ujarnya.

Baru juga menyebut, giat Pasar Murah ini selain bentuk intervensi pasar, juga merupakan bentuk perhatian Gubernur Kalteng kepada masyarakatnya dalam membantu meringankan beban dan memperkuat daya beli masyarakat dalam situasi el nino, el nina dan geopolitik luar negeri yang tak menentu.

“Giat seperti ini menjadi media kita untuk menyalurkan bantuan beras subsidi senilai 175 ribu rupiah per 10 kg, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan subsidi sebesar 155 ribu rupiah sehingga masyarakat menebus dengan harga 20 ribu rupiah. Untuk berasnya tipe premium, sangat bagus dan layak untuk dikonsumsi,” imbuhnya.

Kasat Pol PP Kalteng Baru I Sangkai Memberi Sambutan Pada Pasar Murah Di Desa Tampelas, Kec. Sepang, Kab. Gunung Mas

Sementara itu Kepala Desa Tampelas Brahim mengapresiasi giat Pasar Murah yang sangat membantu masyarakat Panarung, khususnya yang beragama Muslim, yang sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idulfitri 1445 H.

“Seperti yang kita tahu, beras saat ini melonjak harganya di pasaran. Dengan adanya beras subsidi pada giat Pasar Murah ini, maka sangat membantu masyarakat kita karena bisa mendapatkan beras dengan harga yang murah,” ungkapnya.

Ia menyebut, antusias masyarakat Desa Tampelaa sangat besar untuk hadir dalam giat Pasar Murah tersebut. “Terima kasih kepada Bapak Gubernur, beras 10 kg dengan harga 20 ribu rupiah itu sangat murah sekali, semoga nanti pada saat natal di bulan Desember ada giat seperti ini lagi sehingga masyarakat bisa terbantu,” bebernya.

Kasat Pol PP Kalteng Baru I Sangkai menyerahkan bantuan Sembako kepada salah satu warga masyarakat Desa Tampelas

Salah seorang warga Desa Tampelas, Yetie, ketika dimintai keterangan oleh Tim Media Satpol PP Kalteng mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo karena telah mengadakan kegiatan Pasar Murah di daerahnya dan hal itu sangat berarti penting bagi keluarga serta warga sekitar.

“Terima kasih Bapak Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo telah menyelenggarakan Pasar Murah di daerah kami Desa Tampelas karena adanya program ini sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi keluarga kami, semoga Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur beserta keluarga diberikan kesehatan selalu, Amin,” ungkapnya

Ditambah lagi menurut pengakuan warga sekitar beras yang dibagikan sangat bagus kualitasnya sehingga layak untuk dikonsumsi.

Perlu diketahui, jumlah paket yg disalurkan di Kabupatn Gunung Mas, Kecamatan Sepang sebanyak 6 Ton (600 paket) yang dibagi dua lokasi, yakni Desa Tampelas 300 Paket dan Desa Pamatang Limau 300 Paket.

Pasar murah ini akan terus dilakukan sebagai program Pemprov Kalteng berdasarkan arahan Presiden Republik Indonesia dan Menteri Dalam Negeri dalam setiap kesempatan Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi bersama seluruh stakeholder yang ada di Pemerintahan, baik itu Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Hadir mendampingi Yuas Elko, Kasat Pol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai, Pejabat dan Staf Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng serta Kepala Desa Tampelas Brahim.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version