Padang, (satpolpp.kalteng.go.id) – Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Satpol PP (Rakornas Satpol PP) yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri di Ballroom Hotel Truntum Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, pada Sabtu (02/03/2024).

Rakornas ini dibuka oleh Plh. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Amran di Hotel Truntum Padang bersamaan dengan diperingatinya Hari Ulang Tahun ke 74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas.

Tema yang diusung pada tahun ini yakni Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Trantibumlinmas Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024.

Plh. Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Amran Salam Komando dengan Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah, S.P setelah Membuka Rakornas Satpol PP

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Satpol PP dan Satlinmas yang telah berperan aktif dalam menciptakan ketertiban dan ketentraman umum selama pemilu berlangsung, sehingga baik pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif dapat berjalan secara kondusif.” kata Amran.

Di hadapan Kasat Pol PP seluruh Indonesia, Amran menyampaikan bahwa Satpol PP berperan penting dalam mengawal trantibumlinmas selama pelaksanaan pemilu dan pilkada, yakni dengan melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap segala potensi gangguan trantibumlinmas.

Mengacu pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), didapatkan pemetaan TPS rawan yang dirilis oleh Bawaslu pada tanggal 11 Februari 2024, yakni terdapat sebanyak 6.904 TPS yang berpotensi terjadi gangguan trantibumlinmas.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy berkesempatan memberi Sambutan pada Rakornas Satpol PP dan Satlinmas Tahun 2024

Selain Satpol PP, terdapat peran penting Satlinmas dalam mendukung pelaksanaan pemilu, dimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa petugas kemananan, ketentraman dan ketertiban di setiap TPS berasal dari Satlinmas sebanyak 2 personil. Dari Data Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Pemilu Tahun 2024, terdapat 820.161 TPS, dengan demikian jumlah keterlibatan Satlinmas di TPS sebanyak 1.640.332 personil.

Selain menyampaikan apresiasi terhadap peran penting Satlinmas dalam mensukseskan Pemilu 2024, Amran turut berduka cita atas meninggalnya 24 anggota Satlinmas selama bertugas mengamankan pelaksanaan pemilu.

Penyerahaan Penghargaan Karya Bhakti Kepada 10 Kasat Pol PP Provinsi/Kab/Kota se Indonesia berupa Plakat dan Penghargaan

“Hal ini menjadi evaluasi bersama, kedepannya diharapkan pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan kondisi kesehatan Satlinmas yang ditugaskan dan memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja.” ujar Amran.

Amran meminta agar seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk meningkatkan profesionalitas dan integritas dalam melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan kewenangannya, serta meminta seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk turut serta melakukan pengamanan serta antisipatif terhadap potensi gangguan Trantibum pada setiap tahapan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah yang turut memberikan sambutan juga menyatakan bahwa Satpol PP dan Linmas sebagai aparat penyelenggara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, harus terus berada dalam kondisi siaga agar pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 dapat berjalan lancar dan aman.

Peserta Rakornas Satpol PP dan Satlinmas

Rakornas ini menjadi ajang penting bagi para peserta untuk membahas strategi dan langkah-langkah dalam meningkatkan efektivitas operasional Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Selain itu, forum ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat sinergi antara Satpol PP, Satlinmas, dan berbagai lembaga terkait lainnya.

Rakornas ini juga membahas berbagai isu penting, termasuk peningkatan kapasitas anggota Satpol PP dan Satlinmas, penerapan teknologi dalam operasional, serta strategi komunikasi publik yang efektif dalam mencegah dan menanggulangi konflik sosial.

Rakornas peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun 2024 menjadi momentum penting dalam memperkuat fondasi keamanan dan ketertiban masyarakat Indonesia. Melalui sinergi dan kolaborasi yang kuat, diharapkan kedua lembaga ini dapat terus berkontribusi secara signifikan terhadap pembangunan bangsa dan negara.

Turut hadir pada acara ini, Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri sekaligus Pj. Bupati Maybrat, Dr. Benhard E. Rondonuwu, S.Sos., M.Si., dan hadir juga sejumlah Kepala Daerah seluruh Indonesia yang menerima penghargaan Karya Bhakti Satpol PP.

 ( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version