Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Eksistensi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sangat penting dalam upaya melaksanakan perlindungan masyarakat (linmas). Menghadapi Pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang, peran Satpol PP sangat penting untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan perlindungan masyarakat pada saat proses pelaksanaan pesta demokrasi serentak lima tahunan itu. Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satpol PP menyebutkan bahwa, salah satu tugas dari Satpol PP adalah melaksanakan Linmas.

“Kita patut bersyukur, walaupun saat ini telah terjadi banyak perubahan struktur organisasi di setiap Pemerintah Daerah, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, tetapi wadah koordinasi bagi Perlindungan Masyarakat (Linmas) masih tetap eksis,” kata Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kalteng Herson B Aden dalam Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP Se-Kalteng Tahun 2023 di Hotel Dandang Tingang, Kamis (23/11/2023).

Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kalteng Herson B Aden membuka secara resmi Rakor Bidang Linmas Satpol PP Se Kalteng

Menurut Herson, hal itu menunjukkan bahwa wadah koordinasi ini cukup efektif untuk kelancaran tugas linmas dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah, baik dalam hal penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta penanggulangan bencana.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengharapkan dukungan dari semua pihak, khususnya para aparatur linmas dan seluruh anggota satlinmas, mampu menjalankan dengan baik tugasnya sebagai ujung tombak keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat di lingkungan masing-masing.

“Terlebih nanti pada Pemilu Tahun 2024, kita harap dapat terselenggara aman, nyaman, tertib, dan kondusif,” tandasnya.

Kasat Pol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si

Di tempat yang sama, Kepala Satpol PP Prov. Kalteng, Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si menambahkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan evaluasi dan penyamaan persepsi dalam pelaksanaan tugas di bidang perlindungan masyarakat dan mengidentifikasi permasalahan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan tugas serta persiapan dalam menghadapi Pemilu Tahun 2024.

“Diharapkan setelah kegiatan ini bisa menciptakan kesamaan persepsi, sinergitas, dan kerja sama yang baik sehingga pelaksanaan tugas di bidang perlindungan masyarakat dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Mikelson Damek, ST., M.T

Ia berharap melalui pertemuan itu, nantinya tersusun secara komprehensif rencana persiapan Satgas Linmas dan Satlinmas dalam mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten/Kota.

“Pasca rapat koordinasi, Pemprov Kalteng melalui Satpol PP Kalteng akan melakukan evaluasi dan monitoring untuk mengetahui tindak lanjut pelaksanaan poin-poin yang telah disepakati bersama dalam rapat koordinasi ini sebagai bahan bagi pimpinan untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya,” tandasnya.

Adapun yang hadir pada kegiatan Rakor Linmas ini yakni Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten/Kota se-Kalteng dan pendamping, serta Narasumber selain dari Satpol PP Provinsi Kalteng yaitu dari Satgas Wil Densus 88 Anti Teror Polri dan Bawaslu Kalteng.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version