Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dihadiri seluruh ASN dan Tenaga Kontrak bertempat di Halaman Kantor Satpol PP Prov. Kalteng, pada Selasa (01/10/2024) pagi.

Dalam upacara tersebut, selaku inspektur upacara adalah Kepala Satpol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si yang sekaligus membacakan sambutan Gubernur Kalteng atas nama Pemerintah Provinsi Kalteng, Gubernur menyampaikan rasa bangga dan bahagia karena melalui momentum Hari Kesaktian Pancasila menjadi refleksi untuk meneguhkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pengingat masyarakat tentang Ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh apapun.

Kasat Pol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 yaitu Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas, dimana Pemerintah telah mengusung Indonesia Emas dengan visi dan misi ingin mengangkat derajat bangsa Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera pada tahun 2045. Indonesia Emas memiliki empat pilar utama, yaitu sumber daya manusia unggul, demokrasi yang matang, pemerintahan yang baik, dan keadilan sosial.

Melalui momentum Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Gubernur Kalimantan Tengah mengajak seluruh elemen masyarakat Kalimantan Tengah, agar memaknai Pancasila yang memiliki peran sentral dalam memperkokoh NKRI sebagai negara yang Berdaulat dan Bersatu. Saat ini Provinsi Kalimantan Tengah sudah dijalan yang tepat dalam menunjukkan semua aspek pembangunan yang ada, ditandai dengan program-program unggulan yang langsung berdampak kepada masyarakat dengan inflasi menurun, pendapatan daerah meningkat serta angka stunting berkurang. Seperti halnya di dunia pendidikan, Pemerintah Provinsi Kalteng telah mengalokasikan hampir 20% APBD guna menciptakan sumber daya manusia unggul, serta diharapkan ini juga diikuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah.

Pejabat Eselon III Satpol PP Provinsi Kalteng

Usai memimpin Upacara dan menyampaikan naskah sambutan Gubernur Kalteng, Baru selaku Kepala Satpol PP Prov. Kalteng mengucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

“Hari ini adalah pengingat bagi kita semua akan kekuatan dan kesaktian Pancasila sebagai landasan negara. Pancasila telah terbukti mampu menjaga keutuhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman. Sebagai aparat penegak peraturan daerah dan ketertiban, kami dari Satpol PP Provinsi Kalteng berkomitmen untuk senantiasa menegakkan nilai-nilai Pancasila dalam tugas kami sehari-hari,” ujar Baru.

Dokumentasi Kegiatan :

 ( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing
Share.
Leave A Reply

Exit mobile version
Skip to content