Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Tanggal 1 Juni setiap tahunnya, diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila oleh seluruh masyarakat Indonesua. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada tahun ini menyelenggarakan Upacara Puncak Harlah Pancasila Tahun 2024 secara nasional dan disiarkan secara langsung (live streaming) dari Lapangan Garuda PHR Dumai di Blok Rokan, Kota Dumai, Provinsi Riau.

Dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selaku Inspektur Upacara (Irup), Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti seluruh rangkaian Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual bertempat di Gedung Aula Praja Satpol PP Prov. Kalteng Jl. Yos Sudarso No. 8 Palangkaraya, pada Sabtu (01/06/2024) pagi.

Pejabat Eselon III dan Pejabat Fungsional Hadir Mengikuti Upacara Harlah Pancasila Tahun 2024 Di Aula Praja Satpol PP Kalteng

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dalam pidatonya, Presiden RI Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Pejabat Eselon IV, Pejabat Fungsional, PNS dan Tekon Satpol PP Mengikuti Upacara Harlah Pancasila Tahun 2024

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Seluruh Pejabat Eselon/Fungsional, PNS dan Anggota Satpol PP Kalteng Foto Bersama setelah selesai Upacara

Lebih dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Pelaksanaan Upacara Harlah Pancasila Tahun 2024 di lingkungan Satpol PP Prov. Kalteng dilaksanakan di Aula Satpol PP Kalteng dengan mengikuti secara daring (streaming) pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Nasional di Kota Dumai, Provinsi Riau. Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini diikuti oleh sejumlah Pejabat Eselon III dan IV serta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan menggunakan seragam KORPRI dan Tenaga Kontrak menggunakan seragam PDL II.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing
Share.
Leave A Reply

Exit mobile version
Skip to content