Anggota Satpol PP Provinsi Kalteng memasang masker kepada seorang Bapak di Kompleks Pasar Besar Kota Palangka Raya

Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Ke-72 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Ke-60 yang jatuh pada tanggal 3 Maret 2022, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah menggelar 2 (dua) Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yakni Aksi Donor Darah dan Operasi Simpatik 1000 (seribu) Masker untuk Masyarakat yang dilaksanakan pada hari Jum’at (04/03/2022).

Untuk Aksi Donor Darah, Satpol PP Provinsi Kalteng bekerjasama dengan UDD (Unit Donor Darah) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya untuk menggelar Aksi tersebut, dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini karena diketahui bahwa selama masa pandemi hampir dua tahun terakhir, stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI menurun drastis. Ini lantaran kegiatan donor darah yang biasanya diadakan di sejumlah kantor, lembaga, dan instansi tidak dapat dilaksanakan, terkait keharusan bekerja dari rumah untuk menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 yang lebih masif.

Salah satu Anggota Satpol PP Provinsi Kalteng saat melakukan donor darah di PMI Kota Palangka Raya

Dengan adanya Aksi Donor Darah ini yang merupakan kegiatan kemanusiaan, kiranya dapat membantu UDD (Unit Donor Darah) dalam upaya meningkatkan jaminan ketersediaan suplai darah dan plasma, termasuk memastikan ketersediaan pasokan darah saat dibutuhkan pasien yang bergantung dari transfusi.

Disamping melakukan kegiatan Aksi Donor Darah, pada waktu yang sama Satpol PP Provinsi Kalteng juga menggelar Aksi Operasi Simpatik 1000 Masker yang dibagikan kepada Masyarakat. Tujuan dari pelaksanaan Operasi Simpatik ini tidak hanya sebatas dalam rangka peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas saja, tetapi juga sebagai bentuk dukungan Satpol PP terhadap program Pemerintah dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19. Maka dari itu, dengan adanya Operasi Simpatik 1000 Masker Satpol PP Provinsi Kalteng ini kiranya dapat menggugah kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) terutama dalam hal penggunaan masker ketika berada di luar rumah dan tempat keramaian.

Plt Kepala Bidang Penegakan Perda H. Antonius, SH memasang masker kepada seorang juru parkir di Kompleks Pasar Besar Kota Palangka Raya

Pelaksanaan pembagian masker ini dilakukan di daerah Komplek Pasar Besar, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya. Pemilihan Komplek Pasar Besar sebagai area pembagian masker sendiri bukan tanpa alasan, dikarenakan menurut data sebaran kasus daerah tersebut banyak menyumbang kasus positif terbanyak, apalagi penerapan protokol kesehatan terutama penggunaan masker di area tersebut masih sangatlah rendah.

Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah mengungkapkan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat di usia yang cukup senior, perayaan HUT kali ini dapat menjadi momentum untuk semakin meningkatkan pengabdian terbaik pada masyarakat. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 muncul berbagai tantangan yang tidak mudah untuk dihadapi.

Pembagian masker dilakukan di Kompleks Pasar Besar karena kesadaran warga masyarakat menggunakan masker dilokasi tersebut mulai berkurang

Dalam perayaan HUT Satpol dan Satlinmas tahun ini, memang tidak dilakukan upacara gelar pasukan seperti tahun-tahun sebelum pandemi Covid. Alasannya, sebagai pelayan masyarakat, Satpol PP dan Satlinmas harus memberikan contoh yang baik dalam menegakkan protokol kesehatan, salah satunya dengan tidak membuat acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Karena pertimbangan itu pula, pada perayaan HUT kali ini Satpol PP Provinsi Kalteng hanya mengadakan kegiatan bakti sosial antara lain seperti Aksi Donor Darah dan Operasi Simpatik 1000 Masker yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat .

Satuan Polisi Pamong Praja dan Satlinmas di samping Penegak Perda yang tegas, tapi juga memiliki sisi-sisi humanis. Kita juga mampu berbuat, menyumbangkan tenaga kita, menyumbangkan apa yang kita punya dalam rangka membantu masyarakat,” ucap Baru I Sangkai.

Dokumentasi Kegiatan :

Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version