Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Tengah ikut serta pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tingkat Provinsi Kalteng yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Drs. H. Nuryakin, M.Si yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 ini diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (19/12/2023), dan dihadiri oleh TNI, POLRI, Aparatur Sipil Negara, Organisasi Masyarakat, Mahasiswa, Pelajar dan Anggota Pramuka.

Sekda Provinsi Kalteng Drs. H. Nuryakin, M.Si sebagai Irup Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023

Sekda H. Nuryakin saat membacakan amanat tertulis Presiden Republik Indonesia (RI) H. Joko Widodo menyampaikan Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi semua untuk Bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang di cita-citakan.

“Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara”, tutur Nuryakin saat membacakan Amanat Presiden RI.

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, imbuhnya.

Kasubid Ketertiban Umum M. Humainy, SH melaksanakan tugas sebagai Komandan Pleton dalam Upacara

Lebih lanjut disampaikan, Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret Bela Negara.

Usai pimpin Upacara, Sekda Nuryakin saat di wawancarai menyampaikan melalui Hari Bela Negara ini agar seluruh ASN dapat mengaktualisasikan membela Negara. “Membela Negara dalam hal ini bukan secara fisik, jadi mengimplementasikannya dengan bagaimana cara menggunakan produk dalam negeri, mencintai sesama, saat melakukan pengadaan barang dan jasa diarahkan ke dalam cinta dalam negeri”, tutur Nuryakin.

Anggota Satpol PP Kalteng saat mengikuti Upacara

Selain itu juga, aktualisasi Bela Negara yang diimplementasikan oleh Pemprov Kalteng dengan mendukung program pemerintah yakni salah satunya program ketahanan pangan seperti Food Estate dalam bentuk konkret. Ia juga berpesan kepada anak muda saat ini, agar kembali ke jati diri.

Turut hadir Perwakilan Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Staf Ahli Gubernur, Asisten Setda Prov. Kalteng, Seluruh Kepala Instansi//Badan/Vertikal serta Ketua Ormas dan Tokoh Masyarakat. Peserta Upacara terdiri dari Perwakilan ASN, Perwakilan TNI/Polri, Perwakilan Mahasiswa(i) Perguruan Tinggi dan Siswa(i) SMA/sederajat di Kota Palangka Raya serta Perwakilan Ormas.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version