Kasat Pol PP Provinsi Kalteng hadiri Apel Gelar Sarana dan Prasarana (Sarpras) di Mako Ditsamapta Polda Kalteng

Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah Baru, S.Pd., M.Si menghadiri Kegiatan Apel Gelar Sarana dan Prasarana (Sarpras) 4 Fokus Polda Kalteng, Pemberian Reward Personel Berprestasi, Penyerahan Senpi Scorpio dan Penanganan Tim Anti Street Crime, Launching Peliput Polri TV dan Radio Presisi Polri, serta Launching GeNose C19. bertempat di Lapangan Mako Ditsamapta Polda Kalteng, Jln. Tjilik Riwut Km. 6.5 Kota Palangka Raya, Senin (19/04/2021) pagi.

Apel tersebut dipimpin langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. dan dihadiri oleh Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, S.A.P., M.A., Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kabinda Kalteng Brigjen TNI Sinyo, S.IP , M.M., Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalteng Drs. H. Nurul Edy, M.Si.

Apel Gelar Sarana dan Prasarana (Sarpras) Polda Kalteng ini sekaligus juga diikuti beberapa kegiatan lainnya seperti Launching GeNose C19

Kegiatan Launching GeNose C19 ini masuk dalam Rencana Kontijensi AMAN NUSA II 2021 Polda Kalteng tentang Kontijensi menghadapi bencana di Wilayah Provinsi Kalteng tahun 2021. GeNose C19 adalah singkatan dari Gajah Mada Elektronik Nose Covid 19 yaitu alat yang dibuat khusus oleh para ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM) untuk mendeteksi infeksi virus Corona melalui embusan napas. Di Indonesia, GeNose telah mengantongi izin edar dan izin pakai dari Kemenkes RI.

Pada apel gelar Sarpras ini juga diperkenalkan peralatan terbaru dan canggih untuk mendukung kegiatan Kepolisian sesuai dengan fungsi dan tugasnya, Pada saat launching GeNose C19 juga dilaksanakan uji coba langsung terhadap sukarelawan. Menurut keterangan dari operator GeNose C19, bahwa alat GeNose C19 masih mempunyai beberapa kekurangan dalam hal mendeteksi Covid 19, antara lain suhu ditempat pengambilan sampel, bau menyengat seperti parfum, jengkol dan petai.

Kasat Pol PP Provinsi Kalteng Baru, S.Pd., M.Si. mendapat kesempatan mencoba Genose C-19 alat Pendeteksi Covid-19

Sementara itu saat ditemui oleh Tim Media Satpol PP Provinsi Kalteng, Baru, S.Pd., M.Si selaku Kasat Pol PP Provinsi Kalteng menyampaikan apresiasinya atas upaya dan inovasi dari Putra-Putri terbaik Indonesia khususnya kalangan Akademisi dalam mencari alat alternatif untuk memutus rantai penularan Covid-19, salah satu Karya bangsa dan produk buatan dalam negeri yang disuguhkan kepada Negara ini adalah GeNose C19. Menurut Baru, Teknologi Genose C-19 ini merupakan alat yang digunakan sebagai pendeteksian dini yang dapat mendeteksi Covid-19 / SARS-CoV-2 sekitar dua sampai tiga menit dengan keakuratan 90 hingga 97 persen dengan pengambilan sampel tes hanya melalui hembusan nafas sehingga lebih nyaman dan mudah.

Sebagaimana diketahui, pada kesempatan kali ini Kasat Pol PP Provinsi Kalteng mendapatkan kesempatan untuk mencoba kualitas dari alat tersebut dengan hasil yang baik yaitu NEGATIF Covid-19.

Kegiatan apel selain dihadiri oleh Kapolda Kalteng, Danrem 102/Pjg, Gubernur Kalteng diwakili Asisten II Sekda Provinsi Kalteng, Kabinda Kalteng, juga dihadiri antara lain Dandim 1016/Plk, Kapolres Palangka Raya, PJU Polda Kalteng, Ka BNP Prov. Kalteng, Ka Satgas Covid-19 Prov. Kalteng, Kasat Pol PP Prov. Kalteng, Kadinkes Prov. Kalteng, Kadis Pertanian Prov. Kalteng, Kadis Perkebunan Prov. Kalteng, Kadis Ketahanan Pangan Prov. Kalteng, Kadis Lingkungan Hidup Prov. Kalteng, Ka BPBD-PK Prov. Kalteng, Kasi BPPIKH Manggala Agni Daops I Palangka Raya, Wali Kota Palangka Raya diwakili Sekda Kota Palangka Raya, Kasat Pol PP Kota Palangka Raya, Ka Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya, Kadinkes Kota Palangka Raya, Kadis Pertanian Kota Palangka Raya, Ka BPBD Kota Palangka Raya serta Tamu undangan dan peserta apel lainnya.

Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version