Palangka Raya (satpolpp.kalteng.go.id) – Meningkatnya kriminalitas dan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan keselamatan lalu lintas (Kamseltibcar) ditengah masyarakat menjadi fokus serta perhatian bagi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, sehingga membentuk Tim Patroli Perintis Presisi yang didalam tim tersebut tidak hanya anggota Polri saja, tetapi juga melibatkan Mitra Kamtibmas seperti TNI, Satpol PP dan Dishub.

Hadirnya Patroli Perintis Presisi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kamseltibcar sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, serta juga memberikan pertolongan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dari petugas/aparat keamanan.

Kabid Tibumtranmas Eric Dovico L. Lampe, S.Sos., M.Si dan Perwira dari Ditsamapta Polda Kalteng saat Kegiatan Patroli Gabungan

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang tergabung dalam Tim Patroli tersebut menurunkan sebanyak 10 (sepuluh) orang anggota yang dikomandani langsung oleh Kabid Trantibum Eric Dovico L. Lampe serta didampingi 1 (satu) orang Perwira lapangan.

Kegiatan Patroli Perintis Presisi ini diawali dengan pelaksanaan apel gabungan di Markas Komando Ditsamapta Polda Kalteng, Sabtu (02/09/2023), untuk menyamakan persepsi agar memiliki satu tujuan yang sama yaitu menghadirkan Kamseltibcar di Kota Palangka Raya.

Selanjutnya Tim Patroli Perintis Presisi berangkat dengan iring-iringan kendaraan roda 4 (empat) dan roda 2 (dua) menuju lokasi yang telah dipetakan sesuai dengan gangguan kamseltibcar yang sering terjadi pada wilayah tersebut, seperti jalan Cilik Riwut, jalan S.Parman, jalan A.Yani, jalan Murjani, jalan Diponegoro, jalan Adonis Sama, jalan Mahir Mahar, dan jalan Tingang.

Dalam pelaksanaan tugas patroli tersebut, Tim menemukan adanya seorang pemuda yang sedang mabuk dan membawa minuman keras (miras) yang selanjutnya diamankan oleh petugas dan dibawa ke Mako Ditsamapta Polda Kalteng untuk diperiksa dan diberikan pembinaan serta hukuman.

Selama melaksanakan tugas patroli ini, seluruh anggota (termasuk dari Satpol PP Provinsi Kalteng) selalu mengedepankan sikap humanis dan persuasif, serta bertindak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Ketika di lapangan anggota juga dengan tulus siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan meskipun itu adalah hal kecil.

Kabid Trantibum Eric Dovico L. Lampe saat dijumpai disela mengikuti rangkaian kegiatan Patroli, dengan singkat mengatakan bahwa dirinya sangat menyambut baik adanya kegiatan ini, terlebih lagi kegiatan ini dilaksanakan secara bersama-sama oleh semua unsur keamanan, dan dipimpin langsung oleh pihak Kepolisian.

“Kami (Satpol PP Provinsi Kalteng) atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah serta saya pribadi sangat menyambut baik hadirnya Patroli Perintis Presisi ini, ditambah lagi kami Satpol PP memiliki tupoksi untuk menyelenggarakan penegakan Peraturan Daerah (Perda), ketertiban umum, ketenteraman masyarakat dan pelindungan masyarakat, sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan satu arah untuk mewujudkan kamseltibcar di Kota Palangka Raya,” kata Eric Kabid Trantibum.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version