Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti apel gelar pasukan ‘Operasi Mantap Praja Telabang 2024’ yang dilaksanakan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng, bertempat di Lapangan Barigas Mapolda setempat, Selasa (27/08/2024) pagi.

Dalam apel yang diikuti personel gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP tersebut, dipimpin oleh Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Dr. Benny Ganda Sudjana, mewakili Kapolda Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, dan dihadiri seluruh pejabat utama Polda, Kasiops Korem 102 Panju Panjung serta Kasatpol PP Prov. Kalteng.

Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Dr Benny Ganda Sudjana, S.I.K., S.H., M.H.

Pada kesempatan tersebut, Irwasda Polda Kalteng selaku Kawasops OMP Telabang 2024 menyampaikan, gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel, baik dari TNI, Polri serta unsur pendukung lainnya sebelum diterjunkan untuk pengamanan masa tahapan Pilkada 2024.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, jaminan keamanan dalam berbagai agenda demokrasi seperti pemilihan kepala daerah saat ini dapat terwujud dengan aman, lancar dan damai,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa Pilkada Serentak Tahun 2024 kali ini memiliki kerawanan dan karakteristik cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan potensi gangguan kamtibmas.

“Oleh itu, untuk mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas ini, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 4.624 personel Polri yang dibantu personel TNI dan stakeholder terkait, tentunya dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif serta intelijen,” ungkap Benny.

Anggota Satpol PP Kalteng mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Telabang 2024

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si menerangkan bahwa Satpol PP sesuai tugas pokok dan fungsinya akan membantu jajaran TNI dan POLRI untuk bersama-sama menyukseskan seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 agar berjalan dengan aman, tertib, damai dan lancar.

“Satpol PP dan Satlinmas sesuai petunjuk arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selaku Pembina Urusan Trantibumlinmas, siap menjalin koordinasi, integrasi dan sinkronisasi secara vertikal maupun horizontal bersama instansi terkait seperti TNI, Polri, KPU, Bawaslu dan Kesbangpol agar nantinya pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2024 di Kalteng berjalan dengan baik dan sukses,” terang Baru I Sangkai.

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing
Share.
Leave A Reply

Exit mobile version
Skip to content