Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin, secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Se-Kalteng Tahun 2023, di Hotel Batu Suli Internasional Jalan Raden Saleh No. 4 Palangka Raya, Rabu (14/06/2023).

Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kompetensi para Personel PPNS Satpol PP. “Bimbingan Teknis ini adalah upaya pengembangan kapasitas Penyidik Pegawai Negeri Sipil di lingkup Satpol PP se-Kalimantan Tengah,” ungkapnya, pada saat menyampaikan sambutannya.

Dijelaskannya, keberadaan PPNS penting untuk memperkuat peran strategis Satpol PP dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, yakni untuk memelihara ketentraman masyarakat dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah demi mendukung percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik di daerah.

Sekda H. Nuryakin didampingi Kasat Pol PP Baru, S.Pd., M.Si dan Narasumber dari Direktrorat Pol PP dan Linmas Kemendagri

Oleh karena itu, diperlukan kemampuan mumpuni PPNS agar peran dan tugas tersebut dapat dijalankan optimal. “Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu didukung dengan kemampuan yang memadai sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil Satpol PP, sehingga dapat melaksanakan tugas secara profesional di daerah,” tegasnya.

“Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan PPNS Satpol PP dapat meningkatkan kemampuan diri dalam melaksanakan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah,” lanjut Nuryakin.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat Lugikaeter, S.Hut., M.Si dalam laporannya memaparkan, tujuan dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan PPNS pada Satpol PP se Kalimantan Tengah dalam melaksanakan penegakan Perda dan Perkada, serta meningkatkan koordinasi dan silaturahmi antar lembaga sebagai PPNS dan anggota Satpol PP se Kalteng.

Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat Lugikaeter, S.Hut., M.Si

“Kegiatan Bimtek PPNS Satpol PP se Kalteng Tahun 2023 ini, diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 14 s.d 15 Juni 2023, bertempat di ruang rapat Hotel Batu Suli Internasional Palangka Raya, dengan peserta sebanyak 36 orang dari Satpol PP Provinsi dan Kabupaten/Kota,” paparnya.

Sebagai narasumber yaitu dari Direktorat Satpol PP dan Linmas Ditjen Administrasi Wilayah Kemendagri Edi Sammsudin Nasution, dan dari Reserse Lembaga Pendidikan Polri Endang Rasidin.

Dokumentasi Kegiatan :

Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing
Share.
Leave A Reply

Exit mobile version