Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil mendapatkan piagam penghargaan terbaik pertama atas kinerja dan komitmen dalam capaian realisasi APBD Provinsi Kalteng tahun anggaran 2023. Piagam penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wagub Kalteng H Edy Pratowo pada kegiatan rapat Tim Evaluasi Penyerapan Realisasi Anggaran (Tepra) di Hotel Aquarius Palangka Raya, Kamis (18/01/2024). Segenap jajaran Satpol PP Kalteng bersyukur atas penghargaan tersebut. Pihaknya berkomitmen untuk dapat terus mempertahankan penghargaan itu.

Kepala Satpol PP Kalteng Baru I Sangkai mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Wagub Kalteng H. Edy Pratowo, dan Sekda Kalteng H. Nuryakin atas penghargaan yang diberikan kepada Satpol PP Kalteng tersebut. Pihaknya sangat bersyukur bisa mendapatkan Penghargaan Terbaik 1 Dalam Pengelolaan Keuangan di Tahun 2023.

Kasat Pol PP Kalteng saat menerima Penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Kalteng

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemprov Kalteng yang memberikan kepercayaan kepada kami, penghargaan ini merupakan wujud dari berbagai kegiatan yang kami lakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan yang sesuai,” ungkap Baru kepada Kalteng Pos saat dijumpai di kantornya, Kamis (18/1).

Baru menegaskan, penghargaan itu merupakan hasil kerja keras mulai dari Kasatpol PP Kalteng, Sekretaris, jajaran kepala bidang, jajaran kepala seksi, jajaran kepala subbagian, hingga di tingkat staf yang konsisten melakukan perencanaan anggaran dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Wakil Gubernur Kalteng Foto bersama Kepala OPD lingkup Pemprov Kalteng yang menerima Penghargaan

“Kami konsisten melakukan kegiatan-kegiatan agar antara perencanaan dan pelaksanaan itu sinkron. Pada tahun 2023 kemarin, kerja kami sejak dari tahap perencanaan, pelaksanaan, lalu evaluasi per tiga bulan, sebelum evaluasi itu Pak Sekretaris terus berkomunikasi dengan seluruh pejabat di lingkungan Satpol PP Kalteng,” jelasnya.

Maka dari itu, atas kerja keras segenap jajaran, Baru menyebut hasil manis pun dipetik. Satpol PP Kalteng berhasil meraih penghargaan terbaik pertama atas kinerja dan komitmen dalam capaian realisasi APBD Provinsi Kalteng tahun anggaran 2023 dan mendapatkan nilai di atas 95 pada capaian realisasi fisik dan keuangan.

“Mudah-mudahan, ini harapan kami bersama, di tahun 2024 ini capaian ini bisa terus kami pertahankan, karena semua OPD tentu bersemangat untuk menjadi yang terbaik, tetapi kami akan berupaya mempertahankan penghargaan ini dengan sekuat tenaga, dibarengi inovasi dan semangat serta kekompakan jajaran,” ungkapnya.

Kasat Pol PP Foto bersama Pejabat beserta Jajaran Satpol PP Prov. Kalteng setelah Acara Penerimaan Penghargaan

Sekretaris Satpol PP Kalteng, Hari Wibowo Thomas menambahkan, untuk mempertahankan penghargaan itu tentu dari aspek perencanaan hingga pelaksanaan harus terus terkoordinasi dengan seluruh bidang dan seluruh pelaksana teknis.

“Kemudian yang tidak kalah penting, di perubahan akan kami sisir semua, mana yang bisa digeser dan mana yang harus bisa diselesaikan untuk mendukung pencapaian serapan anggaran, baik realisasi fisik maupun keuangan,” ucapnya.

Kepala Bidang Linmas Satpol PP Kalteng, Mikelson Damek menyebut, semua yang pihaknya lakukan tentunya harus terus berkaca pada apa yang memang menjadi tugas pihaknya ke depan. Terkait dengan momentum pemilu serentak yang beberapa waktu lagi akan dilaksanakan, pihaknya mengalokasikan anggaran tersendiri untuk kegiatan tersebut.

“Ini sudah berjalan, jadi masing-masing kabupaten/kota barusan berkoordinasi terkait dengan apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi pilpres dan pileg ke depan ini, dikoordinasikan dengan KPU dan Bawaslu,” tuturnya.

Kepala Bidang Binmas Satpol PP Kalteng, Lugikaeter Tukat mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Pemprov Kalteng yang sudah memberikan penghargaan. ia menyebut capaian yang didapat itu adalah wujud soliditas Satpol PP Kalteng di bawah kepemimpinan Baru I Sangkai. Mengingat dana di Satpol PP Kalteng minim, khususnya pada bidang Binmas yang notabene berfungsi untuk mengembangkan kapasitas anggota, ia berharap adanya penghargaan itu dapat diiringi dengan peningkatan anggaran untuk Satpol PP Kalteng.

“Penghargaan yang kami dapat ini adalah hasil dari kebersamaan kami di bawah kepemimpinan Pak Kasat, jadi kalau tidak ada kebersamaan, tidak mungkin semua bisa kami laksanakan,” tambahnya.

Eric Dovico selaku Kepala Bidang Tramtibum Satpol PP Kalteng menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Pemprov Kalteng terkait dengan terbaik pertama serapan anggaran. “Untuk mempertahankan predikat ini, ke depannya kami akan selalu melakukan evaluasi dan monitoring terhadap kegiatan untuk menunjang efektivitas kerja yang berdasarkan aturan keuangan sesuai regulasi yang ada,” tandasnya.

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version