Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah Baru I Sangkai, S.Pd.,M.Si menghadiri sekaligus mengikuti acara Grand Launching Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), e-Commerce tokokaltengberkah.com dan Film Pendek Pariwisata Menjemput Mimpi Di Tanah Berkah, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kalimantan Tengah (Dekranasda Kalteng) bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (26/04/2022).

Adapun rangkaian acara diawali dengan pembacaan sambutan dari Ibu Hj. Adiah Chandra Sari selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, yang pada sambutannya menyampaikan bahwa Festival Budaya Isen Mulang adalah kegiatan festival budaya yang telah dilaksanakan sejak tahun 1993, serta tujuan awal dari penyelenggaraan Festival ini adalah sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang diperingati setiap bulan Mei pada setiap tahun. Kegiatan ini diikuti oleh 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalimantan Tengah.

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo memberi Sambutan sekaligus membuka Acara Grand Launching FBIM, e-Commerce tokokaltengberkah.com dan Film Pendek Pariwisata

Dalam sambutannya juga, Kadisbudpar Provinsi Kalteng juga menambahkan bahwa Festival Budaya Isen Mulang kini telah tercatat dan masuk dalam 110 event terpilih nasional atau yang dikenal dengan nama Kharisma Event Nusantara tahun 2022. Pada FBIM tahun ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 22 Mei 2022, Ada 17 cabang yang dilombakan yaitu Lomba Maneweng, Manetek dan Manyila Kayu, Lomba Habayang, Lomba Jukung Tradisional, Lomba Besei Kambe, Lomba Humas Sepak Sawut, Lomba Mangenta, Lomba Karungut, Lomba Balogo, Lomba Tari, Lomba Malamang, Lomba Lawang Sakepeng, Lomba Lagu Daerah, Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata, Lomba Manyipet, Lomba Mangaruhi, Lomba Vlog, Lomba Karnaval Budaya.

Setelah pembacaan sambutan oleh Kadisbudpar Provinsi Kalteng selesai, acara kemudian dilanjutkan kembali dengan pembacaan sambutan dari Ketua Dekranasda Kalteng Ibu Ivo Sugianto Sabran, yang pada kesempatan kali ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Dekranasda Kalteng pada tahun 2022 ini fokus lebih banyak ke pembinaan, baik melalui pelatihan dan bimbingan teknis dan promosi.

Ivo juga mengatakan, keberadaan Central Borneo Souvenir sebagai pusat pemasaran hasil produk kerajinan para perajin dan IKM se-Kalteng sangat membantu dan dirasakan manfaatnya. Trend penjualan pun semakin hari semakin meningkat dan tentunya kesejahteraan para perajin pun meningkat. Serta di tahun 2022 ini Dekranasda Provinsi Kalteng sudah membangun pemasaran melalui platform digital yaitu e-commerce dengan nama tokokaltengberkah.com atau bisa disebut juga dengan tabe.com yang diperuntukkan buat perajin dan IKM Kalimantan Tengah untuk berjualan secara online.

Ibu Ivo Sugianto Sabran selaku Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng memberi Sambutan dalam acara

Selain itu, upaya lainnya menyiapkan regenerasi sumber daya manusia (SDM)/perajin yang unggul pelatihan sumber daya manusia kerajinan getah nyatu yang merupakan produk unggulan khas Kalteng. Berbagai promosi telah dilaksanakan dalam rangka mendukung, dan memperkenalkan produk unggulan kerajinan khas Kalteng seperti pameran baik offline maupun online.

Setelah Ketua Dekranasda Kalteng Ibu Ivo Sugianto Sabran selesai menyampaikan sambutannya, acara kemudian dilanjutkan kembali dengan pembacaan sambutan dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang kali ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo sekaligus membuka secara langsung peluncuran atau launching Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), E-Commerce TokoKaltengBerkah.com, dan Film Pendek Pariwisata “Menjemput Mimpi di Tanah Berkah”.

Dalam kesempatan itu Edy Pratowo menyampaikan, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan daya jual produksi hasil olahan para perajin, dan Industri Kecil Menengah (IKM) Kalimantan Tengah, Bukan hanya melalui pemasaran offline seperti pameran, saat sekarang juga dapat menggunakan platform digital, yang sangat potensial untuk memperluas target pasar, dari lokal, nasional, bahkan internasional.

Kasat Pol PP Provinsi Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si hadir dalam acara

Usai membacakan sambutan dari Gubernur Kalteng, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo bersama seluruh perwakilan tamu undangan dari jajaran Forkopimda Kalteng beserta Ketua Dekranasda Kalteng secara resmi meluncurkan aplikasi platform digital e-Commerce TokoKaltengBerkah.com yang kini dapat diakses dan diunduh pada Google Playstore (Android) dan Apps Store (Iphone). Serta dilanjutkan dengan perilisan perdana Film Pendek Pariwisata yang merupakan karya dari dengan judul Menjemput Mimpi Di Tanah Berkah, yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan betapa indahnya alam dan budaya Kalimantan Tengah kepada masyarakat luas.

Baru I Sangkai selaku Kasatpol PP Provinsi Kalteng saat ditemui Tim Media internal menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada anak bangsa terutama putra asli daerah Kalimantan Tengah yang mampu menelurkan inovasinya melalui karya-karyanya dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda Negeri, dan terlebih juga dengan adanya aplikasi e-Commerce asli Kalteng ini harapannya dengan adanya platform digital TokoKaltengBerkah.com ini akan mempermudah para pelaku usaha, terutama para perajin dan IKM di Kalimantan Tengah, dalam memasarkan produk-produk unggulannya, agar dapat menjangkau pembeli yang bukan hanya masyarakat di Kalimantan Tengah saja, tapi juga provinsi-provinsi lain, bahkan pembeli dari luar negeri.

Dokumentasi Kegiatan :

Kadisbudpar Provinsi Kalteng Hj. Adiah Chandra Sari, SH.,MH saat memberi Sambutan dalam acara

Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version