Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan pengamanan pada kegiatan opening ceremony Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) Tahun 2023, yang diselenggarakan bertempat di GOR Serbaguna Jl. Tjilik Riwut Km. 5 Palangka Raya, Senin (22/05/2023) malam.

Acara pembukaan FBIM dan FKN Tahun 2023 dihadiri secara langsung dan sekaligus dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo didampingi istri Hj. Nunu Adriani Edy Pratowo.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wagub H. Edy Pratowo membuka FBIM dan FKN Thn. 2023 di Kota Palangka Raya

Tema yang diusung dalam kegiatan ini yakni The Beauty of Diversity yang berarti Keindahan dalam Keberagaman, memiliki makna cukup mendasar dan relevan dengan kondisi dan situasi saat ini.

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kalteng ke-66 dimeriahkan dengan berbagai jenis perlombaan diantara lain Lomba Perahu hias, Tari Pesisir, Tari Pedalaman, Fotografi, Videografi, Lagu Daerah, Jukung Tradisional, Panginan Sukup Simpan, Malamang, Habayang, Sepak Sawut, Balogo, Lawang Sakepeng, Manyipet, Maneweng, Manetek, Manyila Kayu, Besei Kambe, Mangaruhi, Mangenta, Karungut, dan lomba-lomba lain.

Parade Peserta Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kontingen dari Kota Palangka Raya

Adapun Peserta yang ikut berpartisipasi dalam Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023, terdiri dari Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng, InstansiVertikal, Perguruan Tinggi, Polri, Perbankan, BUMN, BUMD, dan Organisasi kemasyarakatan se-Kalteng.

Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2023 ini, juga dirangkai dengan kegiatan FKN. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan aneka kuliner Nusantara dan kuliner khas Kalteng serta meningkatkan kreativitas masyarakat untuk berkreasi dalam pengembangan masakan lokal.

Dalam kegiatan ini akan diramaikan dengan adanya beberapa stand UMKM yang menjajakan aneka kuliner nusantara. Kegiatan FKN juga akan diisi dengan beberapa lomba, yang pesertanya terbuka untuk masyarakat umum, yaitu lomba cipta menu, lomba masak antar keluarga, lomba masak berbahan ikan patin, dan lomba meracik kopi.

Para Penari saat membawakan Tari-tarian daerah Kalteng dalam acara Pembukaan FBIM dan FKN Thn. 2023

Adapun Kegiatan dilaksanakan selama 6 hari, mulai sejak tanggal 22 sampai dengan 27 Mei 2023, dengan menggunakan beberapa lokasi, yaitu GOR Serba Guna, Halaman Stadion Tuah Pahoe, Aula Jayang Tingang, Dermaga Flamboyan, dan Areal Bawah Jembatan Kahayan.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan efek positif dan manfaat yang besar bagi pembangunan kebudayaan dan pengembangan pariwisata di Kalteng demi mewujudkan Kalteng Makin BERKAH.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version