Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat Pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019
di Taman Budaya, Temanggung Tilung, Kota Palangka Raya

Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran resmi membuka Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 di Taman Budaya, Temanggung Tilung, Kota Palangka Raya, Senin (17/06/2019) malam. Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda Kalteng, jajaran Pejabat Pemprov Kalteng, Kepala Daerah di Kabupaten/Kota se-Kalteng, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat Kota Palangka Raya dan sekitarnya.

Gubernur H. Sugianto Sabran dan Jajaran Pemprov Kalteng, Kepala Daerah beserta
Tamu Undangan dari 14 Kabupaten/Kota se Kalteng

Pada pembukaan Acara Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 tadi dimalam, dimeriahkan dengan penampilan Tarian Kolosal oleh beberapa Sanggar Tari Daerah yang ada di Kota Palangka Raya dan sekitarnya. Tarian Kolosal tersebut memukau para Undangan, peserta Festival dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng, dan masyarakat yang turut serta menyaksikan dari awal sajian cerita melalui tari-tarian yang dibawakan oleh penari-penari lokal tersebut.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi
Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019

Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Tengah menyampaikan bahwa Festival Budaya Isen Mulang merupakan perwujudan cipta rasa dari karya para seniman daerah yang dilandasi nilai leluhur budaya bangsa berdasarkan Pancasila, yang bercorak Bhinneka Tunggal Ika serta berwawasan nusantara.

“Hal inilah yang selalui menjiwai perilaku masyarakat dan membangkitkan semangat kesetiakawanan dan tanggung jawab sosial, disiplin serta semangat pantang menyerah dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Prosesi acara pada saat pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019

Pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 ini yang digelar mulai tanggal 17 s.d 22 Juni 2019 di Kota Palangka Raya mempertandingkan 22 cabang lomba, antara lain seperti karnaval budaya, putra/putri pariwisata, tari daerah, karungut, mangenta, malamang, panginan sukup simpan, mangaruhi, sepak sawut, maneweng manetek dan manyila kayu, jukung tradisional serta besei kambe, jukung hias, balogo, bagasing, manyipet, lagu daerah, lawang sakepeng serta mamahat patung dan ukir talawang yang diikuti oleh kurang lebih 2.250 peserta dari 13 Kabupaten dan satu Kota di Kalimantan Tengah.

Anggota Satpol PP Provinsi Kalteng melaksanakan kegiatan Pengamanan pada Pembukaan
Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019

Selama pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 ini, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalteng Baru, S.Pd., M.Si. menugaskan sekitar 200 personil Satuan Polisi Pamong Praja untuk mengamankan selama kegiatan berlangsung. Mulai dari pembukaan sampai pelaksanaan lomba pada FBIM 2019, personil Satpol PP ini siap memberikan pengamanan.

Beberapa Anggota Satpol PP Provinsi Kalteng yang turut serta dalam pelaksanaan Pengamanan
pada Pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019

( Penulis: DAS, Editor: AAR/YS, Layout: YS )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version