Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah Hari Wibowo Thomas, SH menerima kunjungan kerja dari Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau, yang dalam hal ini dilakukan dalam rangka koordinasi untuk melihat seberapa jauh persiapan Pemerintah Provinsi Kalteng bersama Satpol PP dan Satlinmas jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada Tahun 2024, pada Rabu (18/01/2023) pagi.

Anggota Komisi I DRPD Kabupaten Pulang Pisau Sri Harini Margaretha, S.Sos., M.Si didampingi anggota lainnya mengatakan maksud kunjungan kerja ini yaitu berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa DPRD memiliki tiga fungsi meliputi fungsi legislasi, budgeting, dan pengawasan, serta Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD, dan Pasal 87 bahwa Komisi mempunyai tugas salah satunya mengupayakan peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah.

Sekretaris Hari Wibowo Thomas, SH menerima kunjungan kerja Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau

Menurut Sri Harini Margaretha, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai garda terdepan penegakan Peraturan Daerah (Perda) memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang keamanan serta kelancaran pada PIlpres dan Pilkada yang akan dilaksanakan pada Tahun 2024 nanti, yang mana dalam hal ini tugas pokok dan fungsi Satpol PP telah diatur dan tertuang dalam Undang Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Maka dari itu, perlu adanya persiapan yang matang dari Satpol PP dan Satlinmas mulai dari sekarang untuk mengawal dan mengamankan kegiatan tersebut.

Hari Wibowo Thomas mewakili Kepala Satuan sangat mengapresiasi atas kunjungan kerja dari anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pulang Pisau terlebih lagi dalam rangka menanyakan persiapan apa saja yang akan dilakukan Pemprov Kalteng bersama Satpol PP dan Satlinmas jelang Pemilu Serentak Tahun 2024.

“Kami (Satpol PP Provinsi Kalteng) sangat mengapresiasi dan menyambut baik kedatangan dari Bapak dan Ibu anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pulpis kemari, dan tentunya mulai dari awal Tahun 2023 ini kami telah menyiapkan beberapa rancangan terkait persiapan pengamanan dan pengawalan Pemilu Serentak Tahun 2024 nanti,” ungkap Hari Wibowo Thomas.

Ada beberapa rencana yang telah disiapkan Satpol PP Provinsi Kalteng yang dalam hal ini merupakan koordinator dari Kabupaten/Kota yakni melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada anggota Satpol PP, Pelatihan Satlinmas, kemudian membentuk Tim Patroli Trantibumlinmas yang akan ditugaskan menjelang, pada saat kegiatan, dan setelah Pemilu Serentak Tahun 2024 nanti, yang tentunya hal tersebut tetap akan menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Kami akan segera laksanakan program bimtek dan pelatihan khusus kepada anggota Satpol PP maupun Satlinmas serta membentuk Tim Patroli Khusus Trantibumlinmas untuk menghadapi Pemilu Serentak yang akan dilaksanakan Tahun 2024, dan pelaksanaan seluruhnya tetap akan disesuaikan dengan anggaran yang ada,” lanjut Hari Wibowo Thomas.

Turut hadir pada kunjungan kerja Anggota DRPD Kabupaten Pulang Pisau ke Kantor Satpol PP Provinsi Kalteng kali ini, yakni :

  1. Sri Harini Margaretha, S.Sos., M.Si (Anggota Komisi I);
  2. Arianson (Anggota Komisi I);
  3. Amilson (Anggota Komisi I);
  4. Damek, SP (Anggota Komisi II);
  5. Dugan (Anggota Komisi III).

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing
Share.
Leave A Reply

Exit mobile version
Skip to content