Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekkbang Yuas Elko, S.Sos., M.Si (Berdiri tiga dari kiri, red)

Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) menyelenggarakan Dialog Nasional Kerukunan Antar Umat Beragama dengan tema “Mencintai Indonesia, Merawat Kebhinekaan”. Acara tersebut berlangsung di Aula Serbaguna IAHN Tampung Penyang Palangka Raya, Kamis (06/04/2023).

Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko, saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng mengatakan Pemprov Kalteng sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Dialog Nasional Kerukunan Antar umat Beragama, karena perlu disadari bahwa kerukunan merupakan kekuatan utama untuk mendukung keberhasilan program-program pembangunan.

Rektor IAHN-TP Palangka Raya Dr. Mujiyono, S.Ag.,M.Ag

“Saya mengajak kepada semua masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya yang hadir dalam kegiatan ini, untuk terus bersama-sama, bersatu padu memelihara kerukunan dan keharmonisan umat beragama di seluruh wilayah kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, karena sejatinya Kerukunan antarumat beragama dilandasi dengan semangat toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya, dan kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.” ungkap Yuas Elko saat membacakan sambutan Bapak H. Sugianto Sabran Gubernur Kalteng.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si yang merupakan salah satu tokoh agama Hindu Kaharingan juga turut hadir pada acara Dialog Nasional yang diselenggarakan IAHN-TP Palangka Raya kali ini.

“Kerukunan antar umat beragama harus terus kita jaga dan pupuk bersama, sehingga Kalimantan Tengah selalu dalam kondisi aman, kondusif, dan harmonis, apalagi kita akan menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak pada tahun 2024 mendatang,” ucap Baru I Sangkai saat dimintai keterangan oleh salah satu awak media internal Satpol PP Provinsi Kalteng.

Kakanwil Kemenag Provinsi Kalteng Dr. H. Noor Fahmi, MM

Di tempat yang sama, Rektor IAHN-TP Palangka Raya, Mujiyono, dalam laporannya menerangkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke 5 IAHN-TP Palangka Raya. Acara ini sekaligus dalam rangka menjalin silaturahmi, sambung rasa antar umat beragama di Kalteng. Rangkaian Dies Natalis ke-5 IAHN-TP diisi dengan kegiatan olah raga, bakti sosial, seminar serta dialog, dan puncak perayaan Dinas Natalis ke 5 IAHN Tampung Penyang Palangka Raya dirangkaikan dengan Dharma Santi.

“Saya percaya dan yakin, Kalteng suatu wilayah dengan penduduk multikultur, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, penyang hinje simpei dengan filosofi Huma Betang sangat dipahami dan dimaknai di dalam kehidupan kita” terang Mujiyono.

Kasat Pol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si saat menghadiri kegiatan

Pada kesempatan yang sama pula, dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Provinsi Kalteng, Noor Fahmi, mengungkapkan bahwa kegiatan dialog yang diadakan oleh IAHN ini sangat tepat dan strategis sekali, mengingat Kalteng juga memasuki tahun politik.

“Melalui kegiatan ini mudah-mudahan berbagai informasi dan masukan-masukan yang disampaikan oleh narasumber nasional yang hadir, untuk memberikan paparan kepada kita semua dalam menyikapi tahun politik ini, untuk menciptakan suasana yang harmonis dan kondusif di tengah keberagaman,” ungkapnya

Dialog ini menghadirkan narasumber Direktur Jaringan GUSDURian Alissa Wahid, Analis Kebijakan dan Wawasan Mutikultural Setjen Kemenag RI/Tokoh Umat Katolik Paulus Tasik Gale, turut hadir sebagai peserta Wakil Ketua I DPRD Abdul Razak, mewakili unsur Forkopimda Kalteng, mewakili Ketua DAD Kalteng, mewakili para Ketua Majelis Keagamaan Provinsi Kalteng, serta yang mewakili Pimpinan Perguruan Tinggi Kalteng.

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version