Palangka Raya (satpolpp.kalteng.go.id) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia Tingkat Provinsi Kalteng, yang dilaksanakan bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (17/08/2023) pagi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) yakni Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo, yang juga turut dihadiri oleh sejumlah mantan Wagub Kalteng yaitu Nahson Taway, Achmad Diran dan Habib Ismail Bin Yahya.

Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub Kalteng H. Edy Pratowo, menyampaikan bahwa kemerdekaan yang saat ini diraih merupakan perjuangan berat dan panjang dari pahlawan bangsa yang terus gigih dan tidak kenal menyerah melawan penjajah.

“Sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus bangsa ini untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa besar dari para pejuang kemerdekaan, dengan cara melanjutkan perjuangannya untuk membangun bangsa yang maju, adil, sejahtera dan berdaulat,” ucap Wagub saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng.

Ditambah lagi, saat ini Bangsa Indonesia telah berhasil keluar dari ujian berat Pandemi Covid-19 yang dampaknya besar terhadap perekonomian secara global. Tetapi, berkat kerjasama dan komitmen yang kuat dari seluruh pihak, Negara Indonesia sampai saat ini masih terbebas dari ancaman resesi, serta stabilitas perekonomian di Indonesia juga mulai terjaga dengan baik, meskipun saat ini masih ditengah ketidakpastian situasi global yang ada pada saat ini.

Dijelaskan Wagub, laju inflasi di Kalteng saat ini sudah berhasil dikendalikan, serta penanganan stunting di Kalteng masih terus berlanjut dan menunjukkan perbaikan ke arah yang positif seiring dengan penurunan angka stunting.

“Di samping itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga fokus dalam sektor pembangunan infrastruktur untuk aksestabilitas pengembangan potensi daerah, diantaranya peningkatan kuantitas dan kualitas jalan, pembangunan RSUD Tipe B di Hanau, Pembangunan Bundaran Besar dan Bundaran Mahir Mahar, penataan Waterfront City, Sungai Kahayan dan rencana pengembangan Kawasan Wisata Sebangau,” jelas Wagub.

Disampaikan bahwa Peringatan HUT RI ini dapat menjadi momentum bagi semua untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi, untuk bahu-membahu memacu kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan ramalan BMKG, musim kemarau tahun ini lebih panjang dan kering akibat Fenomena El Nino, dan puncaknya akan terjadi pada bulan Agustus dan September. Untuk itu, Wagub meminta agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Semua pihak, baik Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Forkopimda, instansi terkait, maupun elemen masyarakat harus bersatu padu dalam penanggulangan Karhutla di Kalimantan Tengah. Sinergi Satgas Karhuta Provinsi dan Kabupaten/Kota harus diperkuat, serta personel, sarana prasarana, dan sumber daya lain harus disiapsiagakan, sehingga kita bersama dapat mewujudkan Kalimantan Tengah Bebas Kabut Asap,” tegasnya.

Turut hadir pada upacara tersebut, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno,Wakil Ketua I DPRD Kalteng Abdul Razak, Wakil Ketua II DPRD Kalteng Jimmy Carter, Sekda Kalteng H. Nuryakin, Unsur Forkopimda, para Asisten Setda dan Staf Ahli Gubernur, Kepala Instansi Vertikal, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng (termasuk Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah Baru I Sangkai), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Sesepuh/Pejuang serta seluruh Aparatur Sipil Negara lingkup Pemprov Kalteng (termasuk ASN dan Tenaga Kontrak Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah).

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version