Palangka Raya (satpolpp.kalteng.go.id) – Wakil Gubernur (Wagub) H. Edy Pratowo memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2023, yang digelar di Halaman Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya, Senin (14/08/2023) pagi.

Bertindak selaku Pembina Upacara, Wagub dalam kesempatan itu menyampaikan tema utama pada peringatan tahun ini, yaitu “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Dalam momentum Hari Pramuka Ke-62 tahun pada 2023, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo mengharapkan Gerakan Pramuka dapat terus menjadi pembentukan karakter generasi bangsa.

Wagub Kalteng H. Edy Pratowo saat membaca Amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Selain itu, saat membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Wagub juga mengatakan saat ini Gerakan Pramuka terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter.

“Jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus ditingkatkan,” katanya.

Wagub menambahkan, Kwartir Nasional telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugus Depan-Gugus Depan Pramuka di mana pun berada. Maka, untuk itu besar harapannya bahwa Kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugus Depan yang berada di wilayah masing-masing.

Wagub Kalteng H. Edy Pratowo saat menyematkan Lencana Melati dan Lencana Dharma Bakti

Wagub juga mengingatkan agar Kwartir Daerah tidak sekedar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan.

“Pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas jangan dijadikan ajang seperti pemilihan dalam kaitan politik praktis, justru kita hendaknya tetap mengutamakan persahabatan dan persaudaraan sesuai Kode Kehormatan kita, yaitu tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” imbuhnya.

Lanjut Wagub, saat ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi, agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

Kasat Pol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si hadir mengikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Provinsi Kalteng

“Tentu harapan kita agar melalui perbaikan Undang-Undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan Gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna,” pungkasnya. Dalam rangkaian upacara tersebut, juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Lencana Melati dan Lencana Dharma Bakti.

Turut hadir pada upacara tersebut Unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Kalteng, Organisasi Keagamaan, Kepala Instansi Vertikal, Kepala Perangkat Daerah (termasuk Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah), Pimpinan Perguruan Tinggi, dan Organisasi Kepemudaan.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing
Share.
Leave A Reply

Exit mobile version