Palangka Raya, Satpol.PP Prov.Kalteng – Pada pagi hari tadi (Senin, 18/03/2019), tepat pukul 07.30 WIB dilaksanakan Upacara Bendera Gabungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah jalan RTA. Milono No. 01 Palangka Raya, dimana upacara bendera gabungan tersebut rutin dilaksanakan sebulan sekali dimaksudkan dengan tujuan selain pelaksanaan upacara bendera juga untuk ajang mempererat silahturahmi, koordinasi antar pimpinan SOPD, antar sesama ASN, maupun dengan Pimpinan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelaksanaan Upacara Bendera Gabungan di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada pagi hari tadi dikoordinir oleh Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah, dihadiri oleh jajaran Pejabat dilingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala SOPD, dengan peserta upacara dihadiri oleh ASN dan tenaga kontrak dari semua SOPD Provinsi Kalimantan Tengah. Penunjukkan Satpol PP Provinsi Kalimantan Tengah sebagai petugas pelaksana Upacara Bendera Gabungan lengkap Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, merupakan moment penting  bagi Satpol PP untuk menunjukkan kemampuan dan eksistensinya dilingkup SOPD Provinsi Kalimantan Tengah.

Pada upacara tersebut pertama kalinya semua Tenaga Kontrak baru Satpol PP Provinsi Kalteng penerimaan tahun 2019 dilibatkan baik sebagai peserta maupun petugas dalam pelaksanaan upacara tersebut.  Hal ini merupakan salah satu upaya pembentukan mental anggota dan memperkenalkan kegiatan-kegiatan yang rutin dilakukan oleh Satpol PP Provinsi Kalimantan Tengah. Harapannya peningkatan kualitas dan kapasitas anggota Satpol PP merupakan hal yang wajib dilaksanakan secara terus menerus guna membentuk dan menciptakan anggota Satpol PP yang tangguh.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Drs. Sapto Nugroho, MM yang juga menjabat sebagai Kepala Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah mewakili Gubernur Kalimantan Tengah, dan sebagai Komandan Upacara Kasubid Pengembangan Kapasitas Satpol PP Provinsi Kalimantan Tengah Agus Kesuma Widodo, A.Md. Sebelum memasuki acara inti dari upacara bendera pada pagi tadi tersebut yaitu pengibaran Bendera Merah Putih, kelompok paduan suara dari Satpol PP Provinsi Kalteng menyanyikan lagu Mars Kalteng “Makmur dan Jaya” dilanjutkan dengan pengibaran Sang Merah Putih yang dipimpin oleh Komandan Upacara dan diiringi lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”. Pengibaran Bendera Merah Putih dan Pembacaan UUD 1945 juga dibawakan oleh Anggota Satpol PP Provinsi Kalteng. (susunan acara)

Dalam kesempatan pada upacara gabungan ini, sambutan Gubernur Kalimantan Tengah dibacakan oleh Plh. Sekretaris Daerah Drs. Sapto Nugroho, MM. selaku Inspektur Upacara, mengatakan “Upacara Bendera Gabungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang kita selenggarakan setiap bulan ini janganlah dianggap sebagai formalitas belaka, karena upacara ini seyogyanya memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Paradigma kepemerintahan menempatkan birokrasi sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat. Dengan demikian posisi aparatur pemerintah menjadi pelayan dan fasilitator yang baik terutama dalam upaya mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia, yakni melindungi, mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat”.

Pada kesempatan itu juga, dalam sambutannya beliau mengatakan “Seluruh ASN agar dapat meningkatkan disiplin dalam menjalankan tugas dan kewajibannya agar dapat melayani dan memberikan pelayanan terbaik dengan penuh tanggung jawab. Mari kita tunjukkan prestasi yang cemerlang, dedikasi yang tinggi, loyalitas yang teruji dan tak tercela. Saya yakin dan percaya, apabila seluruh ASN Amanah, maka Kalimantan Tengah akan Berkah” Ucap Beliau. (selengkapnya sambutan)

Setelah Upacara Bendera Gabungan selesai dilaksanakan, semua kepala SOPD, ASN dan jajaran pimpinan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saling bersalaman, dan tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada pihak Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah karena telah melaksanakan upacara dengan baik, lancar, dan sukses.

(Penulis: Yeri, Foto: Asep Kominfo, Supriadi Pol.PP)

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version