Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah Ke XXVII Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Kalteng melaksanakan Kegiatan Bhakti Sosial pembersihan tempat ibadah, Jum’at (14/04/2023) pagi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin saat melepas kegiatan tersebut di Halaman Kantor Gubernur Kalteng mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya Otonomi Daerah melalui pendelegasian sebagian wewenang urusan pemerintahan yang bersifat konkruen, adalah untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng H. Nuryakin

“Hal tersebut dilakukan dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan,” kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda menambahkan, kegiatan pembersihan tempat ibadah hari ini bertujuan untuk lebih memberikan kenyamanan dalam beribadah di bulan Ramadhan. “Hal ini juga dilakukan agar tempat ibadah selalu bersih, rapi, dan indah, karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” ucap Sekda.

Sekda menyebut, kegiatan tersebut penting dilakukan di bulan Ramadhan, sebab bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan pahala. “Dengan membersihkan lingkungan dan tempat ibadah, kita telah menunjukkan kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap tempat-tempat suci yang digunakan untuk beribadah,” pungkasnya.

Anggota Satpol PP Provinsi Kalteng saat mengikuti Kegiatan Bakti Sosial

Sebagaimana diketahui, Tema Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXVII Tahun 2023 ini adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Tema tersebut memiliki arti penyelenggaraan Otonomi Daerah merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Pusat terhadap kemandirian daerah, guna mendekatkan layanan kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan Pemerintah Daerah, dalam mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu Anggota Satpol PP Prov. Kalteng melakukan pembersihan di salah satu tempat Ibadah di Kota Palangka Raya

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalteng pada kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) sebagai perwakilan dari Pemprov Kalteng ditunjuk untuk membersihkan rumah ibadah yakni Mesjid Darul Arqam Komplek Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR). Sebanyak 25 orang anggota yang turut berpartisipasi dalam kegiatan Baksos kali ini.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan Kesra Setda Prov. Kalteng Katma F. Dirun, Auditor Ahli Utama Sapto Nugroho, Kepala Perangkat Daerah dan perwakilan ASN lingkup Pemprov. Kalteng.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing
Share.
Leave A Reply

Exit mobile version