Presiden Jokowi tiba di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya dan disambut langsung oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran (9/7/2020)

Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemaren pagi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah. Presiden Jokowi meninjau Posko Penanganan COVID-19 dan lokasi yang dijadikan pengembangan lumbung pangan (Food Estate). Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyambut langsung kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) di Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Kamis (9/7/2020) pagi.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.15 WIB, Kamis (9/7/2020).

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di lokasi pengembangan lumbung pangan (food estate) UPT A5 di Desa Bentuk Jaya, Dadahup, Kabupaten Kapuas

Turut hadir menyambut Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Provinsi Kalteng Brigjen Pol M Slamet Urip Widodo dan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin.

Di kutip dari Setkab.go.id, sebagai informasi, Kalimantan Tengah merupakan wilayah subur yang berhasil mengembangkan Padi Inbrida Varietas Unggul Baru INPARI-42 dan Padi Hibrida SUPADI. Selain padi, Provinsi ini juga berhasil memproduksi jagung untuk kebutuhan nasional. Tahun 2015 misalnya, produksi Jagung di sana mencapai 8.940 ton Pipilan Kering dan tahun 2019 produksi jagung sebesar 71.000-118.000 Ton Pipilan Kering, naik hampir 1.000 persen. Sedangkan untuk luas baku sawah Kalimantan Tengah tahun 2018 mencapai 186.510 Ha. Mengacu pada Ketetapan Menteri ATR/BPN Nomor: 686/SK-PG.03/XII/2019 tanggal 17 Desember 2019 Perihal Penetapan Luas Lahan Baku Sawah Nasional Tahun 2019 seluas 136.486 Ha. (Humas Kementan/EN).

Presiden Jokowi juga meninjau lokasi lumbung pangan (food estate) lainnya di Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau

Kunjungan Jokowi diawali dari Bandar Udara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya menuju Kabupaten Kapuas dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Di Kabupaten Kapuas, Jokowi bersama rombongan meninjau lokasi food estate dan saluran primer induk UPT A5 di Desa Bentuk Jaya, Dadahup yang dipandu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Setelah agenda kunjungan di Kabupaten Kapuas selesai, Presiden Jokowi dan rombongan lalu melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pulang Pisau dengan menggunakan kendaraan jalur darat. Presiden dan rombongan menuju lokasi lumbung pangan lainnya di Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. Setelahnya, Presiden diagendakan untuk meninjau lokasi padat karya irigasi P3-TGAI.

Dari Kabupaten Pulang Pisau Presiden akan kembali ke Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya dengan menggunakan helikopter. Selanjutnya, Presiden menuju Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah yang berada di Aula Jaya Tingang, Kompleks Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

Setelah semua agenda kunjungan kerja ke Kalteng berakhir, Presiden kembali ke Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, untuk kemudian lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Penulis: MRP dkk, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Kemensetneg RI )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH