Satpol PP Provinsi Kalteng Kerahkan Anggota Demi Suksesnya Rangkaian Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022

Anggota Satpol PP Provinsi Kalteng lakukan Pengamanan disela-sela Kegiatan Karnaval Budaya dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022

Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah melalui Instruksi Kepala Satuan mengerahkan personelnya untuk melakukan pengamanan pada kegiatan Karnaval Festival Budaya Isen Mulang yang diselenggarakan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah yakni Kota Palangka Raya dengan rute Istana Isen Mulang, Bundaran Besar (Start) – Jl. Yos Sudarso – Kantor RRI, Jl. M. H. Thamrin (Finish), pada hari Selasa (17/05/2022) siang.

Kegiatan pengamanan yang dilakukan oleh Satpol PP Provinsi Kalteng ini sebagai upaya dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Festival Budaya Isen Mulang yang merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah. Ditambah lagi mengingat event/acara Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) ini dihadiri oleh ribuan masyarakat Kota Palangka Raya yang tumpah ruah memadati area Bundaran Besar Palangka Raya untuk menyaksikan acara pembukaan dan menyaksikan langsung karnaval budaya, yang vakum selama dua tahun dari kalender tahunan, dikarenakan pandemi Covid-19.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberi sambutan dan membuka secara resmi Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022 di Kota Palangka Raya

Dikarenakan hal tersebut diatas, maka perlu adanya pengamanan lebih intensif yang dilakukan pihak keamanan termasuk oleh Satpol PP Provinsi Kalteng untuk meminimalisir adanya gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat selama penyelenggaraan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022, yang mana hal ini termasuk menjadi tugas pokok dari Satuan Polisi Pamong Praja yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010. Sebagaimana diketahui, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) merupakan Festival Budaya terbesar di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang menampilkan beragam lomba dan pagelaran seni budaya Kalteng.

Pada tahun 2022 ini, FBIM memperlombakan 17 cabang lomba yang dipusatkan dibeberapa tempat di Kota Palangka Raya, antara lain di UPT. Taman Budaya Palangka Raya, Bawah Jembatan Kahayan, Aula Disbudpar Kalteng dan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng. Sebanyak 17 cabang yang dilombakan pada FBIM Tahun 2022 ini diantaranya lomba Karnaval Budaya, lomba habayang, lomba jukung tradisional, lomba besei kambe, lomba sepak sawut, lomba mangenta , lomba karungut, lomba balogo, lomba tari, lomba malamang, lomba lawang sakepeng, lomba lagu Daerah, pemilihan jagau dan bawi nyai pariwisata, lomba manyipet, lomba mangaruhi, lomba vlog, lomba maneweng, manatek dan manyila kayu.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H. Edy Pratowo didampingi Ibu hadir dalam Pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022

Pada kesempatan ini, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022 yang mengusung tema “Harmoni Dalam Keberagaman Budaya di Bumi Isen Mulang” serta telah masuk dalam salah satu Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang ditetapkan oleh Menteri Pariwisata RI ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran bertempat di Bundaran Besar Palangka Raya.

Tidak cukup hanya melakukan tugas pengamanan saja sebagai bentuk menyukseskan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022, Satpol PP Provinsi Kalteng dengan mengusung tema “Praja Wibawa Siap Kawal Perda dan Perkada Dalam Menjaga Ketenteraman dan Ketertiban Sebagai Pelindung Masyarakat Dalam Keberagaman Budaya Di Isen Mulang” juga turut serta sebagai peserta Karnaval untuk memeriahkan penyelenggaraan FBIM dengan menyertakan armada Truk dinasnya.

Pemilihan armada Truk ini dikarenakan kendaraan ini merupakan satu-satunya kebanggaan milik Satpol PP Provinsi Kalteng mengingat histori panjang yang telah dilaluinya dalam membantu tugas Satpol PP Provinsi Kalteng untuk melakukan tugas Penegakkan Perda dan Perkada, Penyelenggarakan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat serta melakukan Pelindungan Masyarakat.

Anggota Satpol PP Wanita Provinsi Kalteng dan Anggota dari Kepolisian dan TNI tampak berjaga-jaga saat Kegiatan Karnaval Budaya FBIM 2022 di Kota Palangka Raya

Harapannya dengan dilaksanakannya acara ini mampu menggugah masyarakat untuk lebih giat membangun dan mampu meningkatkan apresiasi masyarakat sehingga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kalimantan Tengah. Sehingga yang pada akhirnya selaras dengan program dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang telah menetapkan branding destinasi pariwisata nasional yaitu “Wonderful Indonesia” dan “Pesona Indonesia” sebagai bentuk promosi ke mancanegara dan nusantara”.

Pembukaan FBIM dirangkai dengan karnaval budaya, dihadiri Anggota DPR dan DPD RI Dapil Kalteng, Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Kemenparekraf Dadang Rizki Ratman, Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo didampingi istri Hj. Nunu Andriani Edy Pratowo, Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin didampingi istri Hj. Anitha Nuryakin selaku Ketua DWP Prov. Kalteng, Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati/Walikota se-Kalteng, Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Prov. Kalteng, Pimpinan Perbankan/ BUMN/ BUMD di Kalteng, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta di Kalteng, Para Sesepuh, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat Prov. Kalteng serta Wisatawan Mancanegara maupun domestik. Hadir juga CEO City Mountain Bike from Belgium/Belgia, Sekretaris Jenderal PB.ISSI Parama Nugroho, Executive Comite National Olimpiade Indonesian Jadi Rajagukguk dan Kepala Bidang Perlombaan PB. ISSI Indra Kusuma Wardani.

Dokumentasi Kegiatan :

Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *