Aliansi Masyarakat Gunung Mas (AMGM) saat melakukan Aksi dan Penyampaian Tuntutan di DPRD Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA, (satpolpp.kalteng.go.id) – Maraknya angkutan hasil produksi Perusahaan Besar Swasta (PBS) pertambangan, perkebunan, dan kehutanan yang melewati jalan umum di Kabupaten Gunung Mas, sehingga akhirnya Aliansi Masyarakat Gunung Mas (AMGM) turun ke jalan dengan melakukan aksi dan penyampaian tuntutan yang dilaksanakan di 2 (dua) tempat berbeda yakni Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Tengah dan Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Kamis (16/12/2021) pagi.

Menindaklanjuti adanya kegiatan aksi tersebut, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah melalui Surat Perintah Tugas (SPT) menugaskan sebanyak 60 orang anggota yang dibagi menjadi 2 regu untuk melakukan pengamanan aset daerah (lokasi Perkantoran dsb, red) serta membantu pihak dari Kepolisian Resort Kota Palangka Raya (Polresta Palangka Raya) dalam melakukan pengawalan penyampaian aspirasi dan tuntutan dari pihak aksi Aliansi Masyarakat Gunung Mas (AMGM).

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, S.Sos., M.Si didampingi Kasat Pol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si dan Sejumlah Pejabat saat di Kantor Gubernur Kalteng

Pada saat penyampaian tuntutan di Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, pihak perwakilan dari Aliansi Masyarakat Gunung Mas (AMGM) diberikan kesempatan langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno untuk melakukan audiensi serta duduk bersama guna membahas upaya apa saja yang akan ditempuh kedepannya guna mengatasi dan menyelesaikan permasalahan warga Kabupaten Gunung Mas tersebut.

Setelah usai melakukan penyampaian audiensi serta tuntutan di Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Aliansi Masyarakat Gunung Mas langsung bergeser ke titik lokasi kedua di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah untuk kembali menyampaikan tuntutan yang sama.
Sesampainya di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Aliansi Masyarakat Gunung Mas (AMGM) langsung disambut oleh anggota dari Kepolisian dan Satpol PP Provinsi Kalteng yang bertugas melakukan pengawalan giat tersebut.

Kasat Pol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai S.Pd., M.Si dan Pihak Kepolisian menerima warga masyarakat Kab. Gunung Mas yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Gunung Mas (AMGM) yang sedang menyampaikan Tuntutan

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah Baru I Sangkai S.Pd., M.Si yang saat aksi damai berlangsung juga berada di Kantor Gubernur, didampingi Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat Lugikaeter, S.Hut., M.Si., Kepala Sub Bidang Operasi & Pengendalian Mahlan, S.An., Kepala Sub Bidang Ketertiban Umum Dedi Setiadi, SE., dan Kepala Sub Bidang Ketentraman Masyarakat Muliadi, SH., bersama berupaya melakukan koordinasi dengan pihak aliansi dalam rangka memfasilitasi pertemuan antara perwakilan dari pihak aliansi dengan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo, S.Sos., MM yang bertujuan agar penyampaian dari isi tuntutan berjalan dengan baik, aman, lancar dan kondusif.

Saat ditemui oleh Tim Media Satpol PP Provinsi Kalteng, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa kondisi beberapa ruas jalan di Kabupaten Gunung Mas tersebut memang menjadi perhatian bersama karena akses tidak hanya dilewati oleh masyarakat Gunung Mas saja, namun juga warga masyarakat secara luas. Terlebih lagi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran juga sudah menganggarkan untuk perbaikan jalan tersebut dan akan mengupayakan langkah terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ada di Gunung Mas.

Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno langsung berdialog dengan warga masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Gunung Mas (AMGM)

Turut hadir dalam pengamanan aset dan pengawalan aksi damai tersebut Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibumtranmas) Satpol PP Provinsi Kalteng, Bidang Pembinaan Masyarakat (Binmas) Satpol PP Prov. Kalteng, dan Kelompok Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Satpol PP Provinsi Kalteng.

Dokumentasi Kegiatan :

Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH