Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran didampingi Wagub H. Edy Pratowo bersama Komandan Korem 102 PP secara simbolis menyerahkan Bantuan Sosial kepada Masyarakat Kalteng

Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah Baru, S.Pd., M.Si menghadiri Acara Penyerahan Bantuan Sosial Gubernur, Wakil Gubernur Kalteng, Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kalteng, Kapolda Kalteng, Danrem 102/PJG, Kajati Kalteng untuk masyarakat Kalteng yang terdampak bencana alam banjir bertempat di lapangan Makorem 102 Panju Panjung, Rabu (19/10/2022) pagi.

Pelaksanaan Acara Penyerahan Bantuan Sosial ini dilaksanakan sehubungan dengan adanya kejadian banjir di wilayah provinsi Kalimantan Tengah pada periode bulan Oktober 2022, perlu diketahui bahwa banjir telah terjadi pada 9 Kabupaten/Kota yaitu Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Katingan, Palangka Raya, Pulang Pisau dan Barito Utara, dengan total wilayah terdampak sebanyak 40 Kecamatan, 213 Desa/Kelurahan, 1968 kepala keluarga, 58.152 jiwa, dan pengungsi 89 kepala keluarga, 289 jiwa. Data ini terus di update perkembangannya dengan Kabupaten/Kota yang bersumber pada BPBD-PK Provinsi Kalimantan Tengah.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberi sambutan pada Acara Penyerahan Bantuan Sosial untuk masyarakat di lapangan Makorem 102 Panju Panjung

Perlu diketahui bersama, bencana alam banjir yang melanda pada bulan Oktober 2022 ini merupakan yang ketiga kalinya dalam tahun ini setelah pada bulan Agustus 2022 dan bulan September 2022. Dan, Kabupaten yang sudah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir ada sebanyak 6 Kabupaten, yaitu : 1) Lamandau, 2) Sukamara, 3) Kotawaringin Barat, 4) Kotawaringin Timur, 5) Katingan, sedangkan Seruyan dalam proses penetapan perpanjangan status tanggap darurat.

Maka dari itu, diperlukan sinergitas dan dukungan baik dari unsur TNI/Polri dan Organisasi Kemasyarakatan agar bencana alam banjir yang terjadi saat ini dan telah memberikan dampak pada lebih 50% Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan telah berulang terjadi ini dapat dilakukan penanganan secara bersama-sama.

Kasat Pol PP Prov. Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si foto bersama Pejabat Pemprov Kalteng yang hadir dalam acara

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemprov. Kalteng selain memberikan bantuan paket sembako sebanyak 40.000 paket yang akan didistribusikan dengan dukungan Korem 102/Panju Panjung dan Polda Kalteng, nantinya akan ditambah dengan beras yang juga melalui Korem dan Polda Kalteng, masing-masing sebanyak 100 ton.

“Bantuan untuk wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan, Kota Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau akan didistribusikan oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, sedangkan bantuan untuk wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara akan didistribusikan oleh Korem 102/Panju Panjung” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat Kalteng ini, yakni Gubernur Kalteng, Wakil Gubernur Kalteng, Danrem 102/PJG, Kapolda Kalteng, Kajati Kalteng, Ketua DAD Kalteng, Kabinda Kalteng dan Kepala OPD Provinsi Kalteng.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version