Kasat Pol PP Provinsi Kalteng Ikuti Upacara Harlah Pancasila Tahun 2022

Palangka Raya, (satpolpp.kalteng.go.id) – Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang dalam hal ini juga diikuti oleh Baru I Sangkai, S.Pd.,M.Si selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah secara bersama hadir untuk mendampingi Gubernur Kalimantan Tengah beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng dalam rangka mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yang dilaksanakan secara virtual dari Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (01/06/2022).

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yang mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” kali ini dipusatkan di Kabupaten Ende yang merupakan sebuah kabupaten yang ada di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ibu kota Kota Ende. Kabupaten Ende memiliki luas wilayah 2.067,75 kilometer persegi yang terdiri dari 21 kecamatan.

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menjadi Irup Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 bertempat di Kab. Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wagub H. Edi Pratowo mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 di Aula Jayang Tingang secara virtual

Pemilihan Kabupaten Ende sebagai lokasi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Tahun 2022 didasari karena daerah tersebut merupakan tempat perenungan Presiden Soekarno tentang dasar negara, yang kini dikenal sebagai Pancasila saat diasingkan tahun 1934 silam. Oleh karena itu, Ende dikenal sebagai Kota Pancasila.

Presiden Republik Indonesia (RI) bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila serta dihadiri oleh Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan RI di luar negeri, dan para tokoh.

Dalam amanatnya, Presiden RI H. Joko Widodo mengajak seluruh anak-anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Presiden juga mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, pemimpin partai politik, pemimpin tokoh ormas dan  pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Kasat Pol PP Provinsi Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si bersama Kepala OPD lingkup Pemprov Kalteng hadir pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Tahun 2022 di Aula Jayang Tingang

Sebagaimana diketahui, tanggal 1 Juni 2022 diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Hari tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Wakil Gubernur H. Edi Pratowo, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putra Jaya, Kapolda Kalteng Irjen Drs. Nanang Avianto, M.Si., Kajati Kalteng Iman Wijaya, Waket I DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, dan Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Kalteng.

Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *