Bukit Rawi – Pulang Pisau, (satpolpp.kalteng.go.id) – Dalam rangka mobilisasi Linmas yang tertuang dalam Permenpan RB Nomor 4 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah turun membantu pengaturan lalu lintas dan memberikan bantuan terhadap masyarakat terdampak banjir (pengguna jalan) di ruas jalan Lintas Palangka Raya arah Barito di Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau selama 2 (dua) hari, pada tanggal 27 s.d. 28 Mei 2021.

Melalui Surat Perintah Tugas Kasat Pol PP Provinsi Kalteng, Anggota Satpol PP Provinsi Kalteng yang diturunkan dalam kegiatan tersebut sebanyak 31 orang, yang terdiri dari 25 orang anggota Kelompok Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), 5 orang anggota dari Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas), dan 1 orang anggota dari Tim Media.

Jaya, S.Pd., M.Si selaku Danru memberi arahan kepada Anggota sebelum pelaksanaan kegiatan Di Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau

Hari pertama kegiatan, Satpol PP Provinsi Kalteng menurunkan anggota sebanyak 19 orang dengan Komandan Regu (Danru) Jaya, S.Pd, M.Si. Kemudian hari kedua kegiatan menurunkan anggota sebanyak 12 orang dengan Komandan Regu (Danru) Dedi Setiadi, SE.

Sebelum menuju lokasi kegiatan, semua Anggota kumpul di Mako Satpol PP untuk diberikan arahan oleh masing-masing Komandan Regu (Danru) terkait persiapan dan apa saja yang dilakukan di lokasi kegiatan. Untuk mobilisasi anggota ke lokasi kegiatan menggunakan 2 buah kendaraan roda 4 yaitu mobil patroli dan truk Satpol PP.

Di lokasi kegiatan, Koordinator lapangan (Danru) berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan masyarakat setempat yang ikut mengatur arus lalu lintas yang ada di lapangan. Kemudian Koordinator lapangan menempatkan masing-masing anggota di titik-titik yang sudah ditentukan di sepanjang ruas jalan yang kebanjiran. Anggota bertugas untuk mengarahkan dan membantu masyarakat pengguna jalan supaya tidak terjebak dalam lubang-lubang yang tertutup banjir agar terhindar dari bahaya dalam berlalu lintas di jalan yang sedang mengalami kebanjiran.

Dedi Setiadi, SE sebagai Danru ikut turun langsung membantu masyarakat pengguna jalan di daerah Bukit Rawi yang sedang mengalami kebanjiran

Selama 2 (dua) hari pelaksanaan kegiatan, terlihat lalu lintas kendaraan yang melintasi jalan di Desa Bukit Rawi Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau Jalan Trans Kalimantan Poros Tengah masih terlihat macet dikarenakan adanya lubang-lubang besar yang menjadi penghambat dalam perjalanan, belum lagi ditambah jalan ini selalu dilalui oleh kendaraan alat berat, dan juga pengguna jalan baik kendaraan roda 4 dan roda 2 masih banyak yang melalui jalan di daerah Bukit Rawi ini.

Sebagaimana diketahui, Banjir yg merendam ruas jalan di Desa Bukit Rawi itu sudah terjadi selama kurang lebih 7 (tujuh) hari, penyebabnya adalah dikarenakan tidak adanya saluran drainase yang memadai, sehingga apabila ketika terjadi intensitas curah hujan yang cukup tinggi dan tidak ada jalan keluar air sehingga air akan melewati dan menggenang ruas jalan di daerah tersebut.

Dokumentasi Kegiatan :

Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH