Makassar, (satpolpp.kalteng.go.id) – Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti Upacara Gelar Pasukan dalam rangka HUT Ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Lapangan Karebosi, Jalan Ahmad Yani Kota Makassar, Jum’at (03/03/2023) pagi.

Gelar pasukan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian peringatan HUT ke-73 Satpol-PP dan HUT ke-61 Satlinmas Tingkat Nasional yang diselenggarakan mulai dari tanggal 2 s.d 3 Maret 2023 di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Wamendagri didampingi Gubernur Sulsel, Wagub Riau, dan Dirjen Bina Adwil Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri

Adapun yang bertindak sebagai petugas dalam Upacara Gelar Pasukan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Inspektur Upacara: Wakil Menteri Dalam Negeri;
  2. Perwira Upacara: Kasat Pol PP Kab. Soppeng;
  3. Komandan Upacara: Indra Fawzy, S.IP., M.Si (Kasat Pol PP Kab. Luwu Timur)
  4. Pembaca Panca Wirasatya: Andi Dirga Yusdhistira (ASN Prov. Sulsel);
  5. Pembaca Tri Satya Samapta Bhakti: Nur Ismi Mas’ud (ASN Satpol PP Prov. Sulsel);
  6. Pembaca Sumpah Janji Satlinmas: Achmad Rachman Ramadhan;
  7. Pembaca Sejarah: Reviani;
  8. Petugas Pataka: Satpol PP Gabungan Provinsi, Kab/Kota se-Sulsel.
  9. Korsik: IPDN Regional Sulsel;
  10. MC/Protokol: Kemendagri dan Pemprov Sulsel.
Wamendagri John Wempi Wetipo, S.H., M.H sebagai Inspektur Upacara saat membaca Sambutan

Mengambil tema “Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat yang Profesional”, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Republik Indonesia (RI), John Wempi Wetipo pada Gelar Pasukan ini bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dalam sambutan yang dibacakannya saat menjadi Inspektur Upacara Gelar Pasukan, John Wempi Wetipo menekankan, dua hal dalam arahannya. Pertama, peran Satpol-PP dan Satlinmas dalam pertumbuhan ekonomi. Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada rapat koordinasi nasional (Rakornas) kepala daerah dan Forkopimda tahun 2023 untuk hadapi isu penguatan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Wamendagri John Wempi Wetipo, S.H., M.H didampingi Inspektur Upacara melakukan Pemeriksaan Pasukan

“Hal ini sesuai amanat peraturan perundang-undangan, di mana peran Satpol-PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat untuk melakukan kegiatannya dengan aman, tentram, tertib dan diharapkan akan meningkatkan daya tarik berusaha bagi investor dan pengusaha lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah,” katanya.

Penekanan kedua disampaikan John Wempi Wetipo adalah peran Satpol-PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menurut lulusan Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih ini, suksesnya Pemilu ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya kesiapan penyelenggaraan Pemilu, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan kesiapan dari aparat keamanan dalam mengantisipasi macam potensi kerawanan Pemilu.

Kasat Pol PP Pro Kalteng Baru I Sangkai, S.Pd., M.Si mengikuti Upacara Gelar Pasukan bersama Kasat Pol PP se-Indonesia

“Kesempatan ini mari dimanfaatkan mengkonsolidasikan penyelenggara ketentuannya dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat di daerah dalam rangka mengikuti agenda Pemilu tahun 2024, agar tercipta kondisi aman, tertib, demokratis dalam bingkai NKRI,” sebutnya.

Selesai penyampaian sambutan dari Wamendagri, kemudian acara dilanjutkan ke sesi penyerahan penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP 2023 kepada Kepala Daerah seperti Gubernur dan Bupati/Wali Kota. Setelahnya, lanjut ke acara penampilan atraksi dari rekan-rekan Satpol PP Sulawesi Selatan.

Petugas Pembaca Panca Wira Satya Pol PP, Tri Satya Samapta Bhakti dan Sumpah Janji Satlinmas

Turut hadir dalam acara Apel Gelar Pasukan Puncak Peringatan HUT Satpol PP ke-73 dan Satlinmas ke-61 di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, yakni Gubernur Sulawesi Selatan, Wali Kota Makassar, Dirjen Bina Adwil Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri, Kepala Daerah peraih penghargaan Karya Bhakti Satpol PP, serta Kepala Satpol PP se-Indonesia.

Dokumentasi Kegiatan :

( Penulis: HKY, Editor: AAR/YS, Layout: YS, Foto: Tim Media )

Social media sharing

Leave A Reply

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATPOL PP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Exit mobile version